The Truth Seeker Media

Kamis, 17 Maret 2011

Mak

"Mak, nasi uduk satu mak..". Ucap Entong sambil terus melihat-lihat gorengan dan semur jengkol di etalase yang menambah nafsu makannya malam itu.
"Bungkus apa makan disini tong??". Tanya mak.
"Makan disini aja mak, biasa...". Jawab entong.
Lalu entong pun melahap sepiring nasi uduk itu dengan diawali menyeruput teh tawar hangat yang disediakan untuknya. Dalam beberapa saat tidak ada percakapan antara keduanya di kedai nasi uduk yang terletak persis di depan pom bensin itu. Hening, yang terdengar hanya suara entong yang mengunyah krupuk dan sesekali suara sendoknya yang beradu dengan piring bermotif bunga. Mak juga diam saja, tak seperti biasanya melamun ke arah jalan yang menghubungkan Parung-Ciputat. Lamunannya buyar hanya ketika dia melayani pelanggannya yang memesan nasi uduk, setelah itu mak akan melanjutkan kembali lamunannya. Entong yang sedari tadi telah selesai makan dan sedang menikmati sebatang rokok ketengan heran melihat mak.
"Mak, kenapa mak?? Dari tadi saya liatin bengong aj, lagi mikirin apaan emangnya??" Tanya entong penasaran.
"Ahh, enggak apa-apa tong. Mak cuma lagi pusing aja." Jawab mak kepada entong yang sebenarnya tidak menjawab apa-apa bagi entong. Entong pun terus mengejarnya dengan kembali bertanya. "Keliatan mak, dari mukanya kalo lagi ada masalah. Apalagi udah pusing gitu! Berarti bener ada masalah kan??".
"Emang keliatan yak??" Tanya mak sambil melempar sebuah senyuman.
"Keliatan mak...." Jawab entong singkat.
Lalu dengan wajah seperti menyerah dan samnbil menghela nafas dalam-dalam mak pun membuka suara, "Gini tong, jadi kemaren abang mak dateng ngasih tahu kalo ada yang mau nikah sama mak. Abang mak yang laen sama mpok-mpok mak juga nyuruh terima aja dari pada jualan nadi uduk terus katanya, dari pada susah terus. Emang sih mak udah jualan nasi uduk 10 tahun, udah kelamaan. Tapi enggak apa-apa, biar begini juga si Adi (Adi adalah anak bungsu mak dari dua anaknya.Yang tertua sudah menikah dan tinggal di daerah semper) bisa sekolah, sekarang udah kelas 2 SMP. Emak udah nolak, si adi juga udah mak ceritain. Terus katanya ''Jangan mau nikah lagi mak!! Biarin miskin begini dari pada mak mesti balik lagi ke agama mak yang dulu. Murtad itu namanya mak! Adi enggak setuju!! Mpok juga kalo tahu enggak bakalan setuju.'' Gitu....
Emak cuma jadi enggak enak sama Abang-abang mak. Tapi juga enggak habis pikir sama jawaban anak emak yang bontot itu." Cerita mak seorang janda keturunan Tiong Hoa beranak dua yang ditinggal mati suaminya kepada entong.
Sekarang giliran entong yang hanya terdiam sambil terus menghisap rokoknya.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar